Selasa, 10 Februari 2009

Valentine & White Day-nya Jepang

Valentine & White Day-nya Jepang

Kamu-kamu pasti tahu hari Valentine 14 Februari, kan? Nah, di Jepang ada suatu tradisi unik di hari Valentine ini. Mungkin kamu sudah pernah nonton "Strawberry on The Short Cake" atau drama-drama lainnya. Di "S.O.S." Kyoko Fukada memberikan hadiah "coklat" kepada ayah dan kakaknya yang diperankan Hideaki. Mengapa coklat? Apakah hanya gadis yang "berinisiatif" di hari Valentine ini? Inilah keunikan hari Valentine di Jepang.

Terdapat dua macam coklat yang biasanya diberikan di hari Valentine. Yang pertama bernama "GIRI-CHOCO", dan yang kedua bernama "HONMEI-CHOCO". "GIRI-CHOCO" adalah hadiah coklat yang diberikan oleh gadis Jepang kepada ayah, kakak pria,rekan kerja pria, ataupun teman-teman prianya. Coklat ini tidak melambangkan "cinta", hanya merupakan ungkapan rasa sayang dan perhatian belaka.

"Giri" sendiri berarti "kewajiban". Nah, biasanya "GIRI-CHOCO" hanya berupa coklat biasa yang harganya relatif murah dan tidak terlalu istimewa. Jadi bukan hal yang aneh jika ada seorang pria di Jepang yang mendapatkan banyak coklat dari teman-teman wanitanya di hari Valentine. Sedangkan "HONMEI-CHOCO" diberikan oleh gadis Jepang kepada pria idamannya atau sang kekasih di hari Valentine. Jadi, coklat ini melambangkan "cinta". Coklat ini terbilang sangat istimewa dan harganya pun relatif mahal.

Bagi para gadis yang sudah mempunyai kekasih, biasanya coklat ini diberikan bersama-sama dengan hadiah lain, seperti dasi, arak Jepang, anggur, dan lain sebagainya. Sedangkan bagi para gadis yang sedang "mengincar" pria idamannya, inilah saatnya mengungkapkan cintanya. Gadis tersebut akan memberikan "HONMEI-CHOCO" tersebut kepada pria idamannya sambil mengucapkan "Aku cinta kamu" atau "Aku suka kamu". Lalu apakah pria tersebut akan menerima cintanya?

Alkisah, jika pria tersebut menerima "HONMEI-CHOCO" yang diberikan kepadanya, maka pria tersebut menyatakan "Ya, saya menerima cinta kamu." Namun di Jepang terdapat hari perayaan yang juga unik yang disebut "WHITE DAY". "WHITE DAY" dirayakan pada setiap tanggal 14 Maret, satu bulan setelah hari Valentine. Pada tanggal 14 Maret tersebut, jika pria yang menerima "HONMEI-CHOCO" dari gadis yang menyukainya dan ia menerima cinta gadis tersebut, maka pria tersebut akan membalasnya dengan memberikan sesuatu kepada gadis tersebut sebagai pernyataan "Ya, saya suka kamu juga!".

Namun memang ada pria tidak akan menunggu selama kurang lebih satu bulan sejak hari Valentine untuk membalas cinta seorang gadis. Seperti di hari Valentine dimana para gadis Jepang memberikan hadiah dan coklat kepada kekasih mereka, pada "WHITE DAY" ini pria Jepang lah yang akan memberikan suatu hadiah kepada kekasih mereka sebagai tanda sayang dan cinta. Pada "WHITE DAY" pula, para pria akan memberikan sesuatu kepada setiap orang yang memberikan "GIRI-CHOCO" kepada mereka di hari Valentine.

Demikianlah sedikit kisah tentang perayaan hari Valentine dan "WHITE DAY" di Jepang. Semoga bermanfaat bagi kamu-kamu yang suka Jepang, suka nonton J-Dorama, terutama kehidupan dan cinta anak-anak mudanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hitsugaya

hitsugaya

code geass

code geass
anime

yui

yui